Kamis, 10 November 2016

bore up mio harian hemat bahan bakar

 bore up mio harian

bagi bagi info nieh...!
untuk bro/sis yang punya yamaha mio/soul dan merasa tenaga mio bro/sis kurang tenaga.saya pengen bagi bagi informasi nieh.
untuk mendongkrak tenaga mio tidak perlu modal yang berjuta juta..di bawah 1jt bro/sis bisa bikin tenaga mio/soul anda bertambah...
part yang mesti diganti yaitu:

1.piston(seher)

2.noken as



3. spuyer (main jet dan plot jet/slow jet)


1.piston
penggantian piston adalah modal utama untuk menambah tenaga karna dengan mengganti piston yang lebih besar kapsitas atau cc motor bertambah.. untuk standar harian kita cukup gunakan pistonya suzuki smash/shogun 110. piston smash/shogun mempunyai ukuran diameter 53,5mm naik 3,5mm dari diameter piston mio/soul. dengan demikian kapasits mesin mio/soul akan menjadi 133cc.
uups...piston smash/shogun harus sedikit diubah,,,dan hal yang harus diubah antara lain tinggi piston dan lubang pin piston..kita serahkan saja ketukang bubut,jika tkang bubut/korter sudah handal mereka bakal mengerti.


2.noken as
noken as pungsinya mengatur buka tutup klep masuk dan klep buang..untuk menggebrak akseleasi ganti noken as alfamart punyanya KAWAHARA K1. Noken as kawahara k1 punya durasi tidak terlalu tinggi jadi tidak perlu ada perubahan.

3.spuyer (main jet dan plot jet/slow jet)
pungsinya mengatur seberapa besar bahan bakar yang harus dikeluarkan/disuplai dan digabung dengan udara sehingga menjadi gas.
cukup kita naikin dari ukuran spuyer standar mio..standar mio punya ukuran MAIN JET=108 dan Slow jet 38. naikan 1step menjadi mainjet=110 dan pilot jet=42.

untuk biaya:
-harga piston smash = 95rb
-biaya korter+bubut=60rb
-harga noken as K1=275rb
-spuyer main jet dan pilot jet = 40rb
-ongkos bongkar pasang dan lain lain(paking,lem dll)=150rb

jumlah total = Rp.625.000

 alhamdulillah kali ini saya coba bikin artikel mengenai bore up mio harian…..mungkin bro/sis’t kebingungan ama motor mio nya yang pengen kenceng tapi bersahabat dengan bensin juga bikin mesinnya murmerceng…..
jika kita mau ubah motor mio standar menjadi motor yang cukup buat besut2an dijalan ato sekedar cuma pengen nambah tenaga aja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya:
- kita perlu tahu dulu hasil akhir dari motor yang sesuai dengan kemauan kita, apa hanya sekedar kenceng mengandalkan spek standar, apa bore up 130cc,bore up 150cc ato lebih malah….
- selain itu, kita perlu siapin budget yang sesuai dengan spek kita,jangan sampe overbudget karena nantinya motor malah setengah jadi, akhirnya ya pusing sendiri kan?
nah setelah kita pikir ke 2 hal itu, baru kita sentuh tuh mesin….hehehehe…..untuk  Bore Up mio harian….kita cukup hanya ganti seher dengan ukuran 54mm pake punya GL max NT, itu udah cukup buat dongkrak tenaga standar….namun boring seher perlu disesuaikan lagi biar masuk tuh seher 54mm ke motor mio…hehehehe
setelah itu, noken as pun perlu penyesuaian lagi…..ganti punya noken as aftermarket yang beredar dipasaran,contohnya ada CLD,Kawahara, dan lainnya….speknya harus sesuai. Menurut saya dengan penggantian ke 2 hal tersebut cukup buat dongkrak tenaga motor mio yang dirasa kurang pol buat di geber.
eits, tunggu dulu, tidak hanya sampai segitu aja…..bagian CVT pun harus disesuaikan juga…..roller pun ikut kena imbasnya….ada baiknya roller CVT diganti dengan ukuran 9gr rata biar mantap tarikan bawahnya, lalu Per CVT diganti juga sesuai selera yang diinginkan, ada 2 tipe, Merah dan Kuning, tinggal sesuaikan saja…
Sedikit racun dari saya, kalo pengen enak ya di porting polish juga tuh lubang inlet ama outlet juga biar saluran masuk dan buang nya lebih lancar dan indah buat di gaspol..hahaa

bore up matic 150cc

2 komentar: